z35W7z4v9z8w

Sekilas Tentang Kepulauan Anambas

Sekilas Tentang Kepulauan Anambas

Anambas.id – Kepulauan Anambas merupakan kabupaten termuda di Kepulauan Riau yang terbentuk berdasarkan Undang – Undang nomor 33 Tahun 2008. Terletak di sisi utara provinsi kepulauan riau, kabupaten ini memiliki wilayah 98.73 persen adalah lautan, daratan hanya seluas 1.27 persen.

Total pulaunya berjumlah 238 buah, membentang dari pulau Tokong Malang Biru hingga Pulau Tokong Belayar. Lima diantaranya merupakan pulau terdepan yang berbatasan dengan perairan negeri tetangga.Dari jumlah itu hanya sekitar 26 pulau yang telah memiliki pemukiman penduduk sedangkan sisanya 212 tidak berpenghuni.

Dengan Berbentdang laut seluas lebih kurang dari 46.664,15 Km2, tak salahnya kalau kabupaten ini dijuluki sebagai negeri bahari. Sebagian besar penduduknya yang berjumlah sekitar 45 ribu jiwa mengandalkan hidup dari laut. Hanya sebagian kecil saja yang bermata pencarian sebagai pekebun. Sementara sebagian lagi adalah pegawai negeri serta pedagang.

Dari luas gas, minyak bumi serta perikanan, dengan karakteristik wilayah yang sebagian besarnya berupa lautan, Anambas memiliki potensi wisata bahari yang luar biasa. Apalagi jamak diketahui perairan Anambas termasuk berada pada jalur New Regional Cruise Corridors, yang menghubungkan Singapura, Filipina, serta Hongkong. Jasi tidak berlebihan kalau dimasa mendatang Anambas bakal tampil sebagai destinasi bahari terdepan diwilayah barat Indonesia.

You may also like...

Leave a Reply