z35W7z4v9z8w

Menilik Pulau-Pulau Kecil Terluar di Kepulauan Anambas

wisata anambas - pulau tokong berlayar

Anambas.id – Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai negara maritim memiliki beribu pulau yang tersebar di hampir seluruh penjuru Nusantara, letak yang berbatasan dengan berbagai negara tentu saja menjadikannya sebagai posisi penting, bahkan belakangan menjadi perebutan dan pengklaiman dari negara-negara terdekatnya. Tak ayal pulau-pulau yang berada di wilayah terluar ini mengambil peran dalam menjaga kedaulatan bangsa, namun mirisnya acapkali lepas dari perhatian karena kondisinya yang jauh dari pantauan serta kurangnya fasilitas pendukung.

KABUPATEN KEPULAUAN ANAMBAS

Begitu pula halnya dengan Kabupaten Kepulauan Anambas, yang baru dibentuk melalui Undang-undang Nomor 33 Tahun 2008, sebagai salah satu kabupaten di Provinsi Kepualuan Riau, dengan 255 pulaunya yang hanya 26 pulau berpenghuni, memiliki jalur perairan tersibuk di dunia (40% perdagangan dunia melalui perairan Kepulauan Anambas) yang setiap harinya dilalui kapal cargo, tanker, cruise, yacht, capture fisheries. Letaknya yang berbatasan langsung dengan laut Kamboja, Vietnam, Thailand, Malaysia dan Singapura menjadikan Ilegal Fishing sebagai topik utama yang selalu diperbincangan, termasuk jaringan fiber optic bawah laut (lebih dari 40 perusahaan telekomunikasi internasional memasang di perairan Kepulauan Anambas, kapasitas 4TB – 55TB). Selain itu potensi perikanan terbesar Nasional WPP771, gas dan minyak bumi, pasir dan granit, hasil bumi, serta pantai dan pulau tropisnya menjadikan Kepulauan Anambas untuk senantiasa dilirik baik pemerintah Pusat maupun negara-negara tetangga.

Mari menilik pulau apa saja yang tergolong sebagai Pulau-pulau Kecil Terluar (PPKT) di perbatasan Kepulauan Anambas. Mengacu Perpres No. 78 Tahun 2005 tentang Pengelolaan PPKT dan Kepres No. 6 Tahun 2017 tentang Penetapan PPKT maka terdapat 5 pulau, yaitu : Pulau Tokong Belayar, Pulau Tokong Nanas, Pulau Mangkai, Pulau Damar dan Pulau Tokong Malang Biru. Dalam bahasa tempatan Tokong diartikan bebatuan besar tinggi menjulang.

PULAU TOKONG BERLAYAR ANAMBAS

wisata anambas - pulau tokong berlayar
wisata anambas – pulau tokong berlayar

Pulau Tokong Berlayar berada di koordinat 03º 27’ 04’’ LU – 106º 16’ 08’’ BT, termasuk pada wilayah administrasi Desa Mubur, Kecamatan Palmatak dengan luas 0,01 Km² dengan penanda hokum wilayah Titik dasar No. TD 025 dan Titik referensi No. TR 025 yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Pulau ini merupakan wisata bahari yang belum tersentuh dan masih alamai, terdapat mercusuar namun kurang berfungsi dengan aksesibilitas yang sulit dicapai. Wisata bahari yang dapat dilakukan adalah Panoramik, Diving, Snorkling dan Swimming. Meskipun hanya berupa bebatuan, namun pulau ini sangat penting keberadaannya karena terdapat Titik dasar dan Titik Referensi sebagai penentu batas hokum wilayah maritim Indonesia.

PULAU TOKONG NANAS ANAMBAS

wisata anambas - PULAU TOKONG NANAS
wisata anambas – PULAU TOKONG NANAS

Pulau Tokong Nanas berada di koordinat 03º 19’ 52’’ LU – 105º 57’ 04’’ BT, berada di wilayah Kecamatan Siantan dengan luas 0,01 Km² dimana merupakan tempat burung camar bertelur. Ombak di perairan ini cukup besar sehingga terdapat beberapa longsoran batu di pinggir pulaunya, sangat terpencil dan sulit diakses namun kaya akan sumber daya laut. Pulau ini juga sering dijadikan tempat nelayan berteduh. Terdapat juga mercusuar dengan tinggi 15m yang sudah tidak berfungsi.

PULAU MANGKAI ANAMBAS

wisata anambas - pulau mangkai
wisata anambas – pulau mangkai

Pulau Mangkai berada di koordinat 03º 26’ 25’’ LU – 105º 39’ 15’’ BT, di wilayah administrasi Desa Keramut, Kecamatan Jemaja dengan luas ±226.699 Ha namun dapat dicapai dan cukup dekat dengan Desa Keramut, sudah berpenduduk (4 orang) serta terdapat penangkaran Penyu Hijau, Elang Laut dan Biawak. Namun pulau ini butuh pengamanan intensif mengingat sering terjadinya pencurian ikan oleh kapal asing di wilayah perairannya.

PULAU DAMAR ANAMBAS

wisata anambas - pulau damar
wisata anambas – pulau damar

Pulau Damar hanya berupa bukit karang yang curam sehingga dinilai mebahayakan kapal-kapal yang sedang melewati perairan ini. Meskipun demikian keberadaannya sangat penting sebagai penarik batas wilayah dengan negara Malaysia. Berada dekat di Desa Mampok, Kecamatan Jemaja, pulau ini berada di koordinat 02º 44’ 29’’ LU – 105º 22’ 46’’ BT dengan luas pulau ±5.342 Ha. Daya tarik pulau ini adalah panorama alam bawah laut yang kaya akan berbagai jenis terumbu karang serta burung camar dan walet.

PULAU TOKONG MALANG BIRU ANAMBAS

wisata anambas - pulau tokong malang biru
wisata anambas – pulau tokong malang biru

Pulau Tokong Malang Biru seperti Pulau Damar, hanya berupa bukit karang yang curam, namun keberadaannya juga penting karena sebagai penarik batas wilayah dengan Singapura. Berada di Desa Air Biru, Kecamatan Siantan Selatan dengan koordinat 02º 18’ 04’’ LU – 105º 35’ 50’’ BT dan luas ±1.442 Ha. Terdapat juga elang laut dan burung camar, namun belum tersentuh dan belum berpenduduk, serta tidak terdapat sarpras yang memadai untuk kegiatan pariwisata, bisa juga dicapai melalui Desa Kiabu.

Dengan aksebilitas yang rendah, infrastruktur yang kurang memadai, berpotensi untuk kegiatan ilegal, rawan terhadap ancaman social budaya, pertahanan dan keamanan, berpotensi hilang karena penambangan dan pemanansan global, ditambah adanya siklus cuaca Musim Utara, tentu saja pengawasan pulau kecil terluar ini menjadi tantangan tersendiri. Namun dengan semangat dan optimisme semoga Kabupaten-kabupaten yang berada di Cross Border dapat terus maju mengejar Kabupaten/Kota lainnya dan tetap kokoh menjadi Nusa Garda Terdepan Penjaga Nusantara.

You may also like...

Leave a Reply